People Innovation Excellence

Bahasa Inggris untuk Bisnis: Apakah penting?

Bahasa Inggris penting dikuasai dalam bisnis. Apakah pelatihan yang digelar Comdev dapat membantu binusian mengasah kemampuannya? Simak ulasan ini!

Tahukah kamu, sekitar 900 juta manusia menggunakan bahasa Inggris dalam sebagian aktivitasnya? Bahasa Inggris juga sudah diterapkan sebagai bahasa resmi 80 negara maju dan berkembang. Bahkan, tahun 2020 lalu, 2 miliar orang sudah mempelajari bahasa Inggris.
Data tersebut menunjukkan pentingnya bahasa Inggris bagi kehidupan, terutama di sektor bisnis. Pasalnya, pasar bisnis masa kini lebih cepat menjangkau seluruh dunia. Jika ingin menjadi bagian dari pencapaian bisnis tersebut, tentu kamu harus menguasai bahasa Inggris.
Karena itu, demi menjawab tantangan, BINUS UNIVERSITY melalui Community Development (Comdev) menggelar pelatihan bahasa Inggris. Pelatihan dipandu oleh para dosen yang ahli di bidangnya.

Manfaat Bahasa Inggris untuk Bisnis Dengan mempelajari bahasa Inggris untuk bisnis, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini.

1. Perjalanan Bisnis Lebih Mudah
Kerja sama bisnis kini lebih luas jangkauannya; kamu bisa menggandeng banyak perusahaan dari berbagai negara. Bentuk kerja sama tersebut dapat berupa business travel atau perjalanan bisnis ke negara lain.Nah, dengan menguasai bahasa Inggris, kamu tidak perlu mengajak penerjemah saat perjalanan bisnis. Jadi, biaya perjalanan ke luar negeri bisa lebih hemat.

2. Memudahkan Memahami Teknologi

Apakah kamu memiliki perangkat komputer terkini beserta sistem operasinya? Jika dicermati, sebagian besar instruksi dan program komputer menggunakan bahasa Inggris. Begitu pula pada teknologi lain, bahasa Inggris kerap diterapkan dalam buku panduannya.
Jadi, tidak ada salahnya, mulai sekarang memperdalam bahasa Inggris. Kamu bisa mendalami bahasa tersebut dengan mengikuti kursus atau banyak membaca referensi ilmiah berbahasa Inggris.

3. Lebih Mudah Berkomunikasi dengan Klien Asing
Ketika ekspansi bisnis sudah menjangkau luar negeri, klien yang masuk ke perusahaan tentu lebih beragam. Agar negosiasi lancar, kamu harus bisa berkomunikasi dengan klien.
Jika klien tersebut berasal dari negara lain, berarti kamu mesti menggunakan bahasa Inggris. Dengan demikian, kesalahpahaman dalam negosiasi dapat dihindari.

4. Meningkatkan Branding Awareness
Merek atau brand merupakan hal paling diingat oleh konsumen saat membeli barang. Sebagian dari mereka juga lebih menyukai produk berkualitas dengan merek yang jelas. Berawal dari sinilah pebisnis dapat membangun branding awareness agar konsumen terus mengingat produk dan mengulang pembelian. Kalau kamu memiliki target konsumen global, pastikan brand yang dipromosikan mudah dipahami semua kalangan. Salah satu caranya adalah membuat brand beserta deskripsi produknya menggunakan bahasa Inggris. Sisipkan juga tagline berbahasa Inggris agar konsumen semakin tertarik dengan produkmu.

5. Membantu Memahami Literatur Ilmiah
Ilmu pengetahuan terus berkembang seiring bertambahnya jumlah penelitian yang dilakukan manusia. Sebagian pengetahuan terbaru bersumber dari negara-negara di luar Indonesia. Sumber tersebut bisa berupa artikel atau jurnal ilmiah berbahasa Inggris.

Sebuah riset mengungkapkan, tidak kurang dari 95 persen jurnal ilmiah di Science Citation Index menggunakan bahasa Inggris. Berawal dari sini, kamu tentu bisa menilai, bahwa menguasai bahasa Inggris menjadi salah satu cara mendapatkan wawasan sains baru.

Comdev Adakan Pelatihan Bahasa Inggris untuk Bisnis Pelatihan bahasa Inggris diadakan pada tanggal 17 November 2020 oleh Language Center dan Sastra Inggris. Materi pelatihan diberikan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Criscentia Jessica Setiadi, S.S., M.A. dan Irfan Rifai, S.Pd., M.Ed., Ph.D. Materi pelatihan pertama membahas seputar bahasa Inggris pengembangan komunitas untuk UMKM.

Criscentia Jessica Setiadi, S.S., M.A., selaku pemateri “A Community Development English Session for UMKM” memberikan pelatihan percakapan sehari-hari dengan rekan bisnis. Contohnya, percakapan tentang membuat janji pertemuan, membatalkan, serta mengubah jadwal.
Pada part berikutnya, materi disampaikan oleh Irfan Rifai, S.Pd., M.Ed., Ph.D. Temanya seputar bahasa Inggris untuk bisnis, misalnya cara negosiasi dengan klien. Kemudian, disesi terakhir, Irfan Rifai, S.Pd., M.Ed., Ph.D. memberikan latihan soal ringan untuk peserta.

Melalui pelatihan bahasa Inggris untuk bisnis, BINUS UNIVERSITY melalui Comdev menunjukkan fostering and empowering yang sesungguhnya di tengah pandemi Covid-19. Dengan demikian, binusian maupun peserta pelatihan tetap bisa memperoleh wawasan baru seputar bahasa Inggris agar lebih siap menghadapi masa depan.
#BINUSGROUP
#FosteringandEmpowering
#EmpoweringSociety
#BuildingTheNation
#Menuju40TahunBinusBerkarya
#40thBINUS
#Lustrum8BINUS

#DiesNatalis40BINUS
#BINUS2020
#BINUS2035

Source: https://www.binus.edu/40-tahun-berkarya/post/sosialisasikan-pentingnya-bahasa-inggris-untuk-bisnis-ibu-criscentia-jessica-setiadi-dan-bapak-irfan-rifai-gelar-pelatihan-online/


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close