Infografis untuk Pengajaran Kreatif dan Efektif

Pada era dimana informasi begitu banyak, masyarakat memiliki keterbatasan waktu dan energi untuk memahami ataupun membaca informasi yang disampaikan, penggunaan ilustrasi dan tipografi yang disusun dalam rancangan tata letak dengan baik akan dapat menyampaikan pesan yang dimaksudkan dengan lebih efektif.

Infografis adalah representasi visual informasi, data atau ilmu pengetahuan dengan konsep visual yang terdiri dari teks dan gambar ilustrasi. Infografis yang baik umumnya mempunyai desain yang menarik, sederhana dan dapat menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan mudah dan cepat.

Proses pembuatan infografis disebut data-visualization, information design, atau information architecture. Infografis memiliki banyak manfaat untuk penyampaian informasi. Kunci utama dalam membuat infografis adalah konsep visual dengan ilustrasi yang menarik serta validitas data yang disajikan di dalamnya. Secara umum hasil akhir dari sebuah infografis mempunyai prosentase gambar visual yang lebih banyak dibandingkan informasi teks.